Nama: Dwi Chuswanda

NPM:  12211233

Kelas: 4EA03

Sahabat KlikMusik pasti udah kenal sama penyanyi yang satu ini, Michael Steven Buble atau lebih dikenal Michael Buble? Lagunya yang berjudul Home sangat terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia dan menjadi sebuah anthem mereka yang merindukan kampong halaman. Buble  adalah seorang penyanyi dan aktor asal Kanada. Buble khas dengan suaranya yang sering disamakan dengan Frank Sinatra. Bublelahir pada 9 September 1975 di Burnaby, British Columbia, Kanada, dari pasangan Lewis Buble dan Amber dan berdarah Italia dari kakeknya Demetrio Santaga. Sejak 2005, Buble memiliki dua kewarganegaraan, yaitu Italia dan Kanada.

Buble sudah memiliki impian untuk menjadi penyanyi tenar sejak berumur 2 tahun dan dirinya sudah memiliki kegemaran kepada musik jazz sejak umur 5 tahun. Bakatnya diketahui oleh keluarga ketika dia berumur 13 tahun ketika menyanyikan lagu Natal. Selain bernyanyi, Bublejuga sangat ingin menjadi pemain hoki profesional, sampai dirinya terkadang akan lebih memilih bermain hoki daripada bernyanyi kalau saja dia bisa bermain dengan baik.
Ayah Buble hanyalah seorang nelayan biasa seorang pemancing salmon di sebuah perusahaan nelayan, begitu juga ibunya yang seorang ibu rumah tangga namun keduanya menyukai musik. Dari kakek-neneknya yang berasal dari Italia-lah, Buble menyukai jazz dan bakatnya juga sangat didukung oleh keduanya. Buble menyatakan bahwa dia tidak pernah belajar menulis dan membaca musik, hanya emosi yang digunakannya dalam menulis lagu-lagu yang begitu indah. Demetrio Santaga, merupakan sosok yang begitu penting dalam karirnya dalam bermusik. Santaga lah yang melatih bakat terpendam yang dimiliki Michael.

Ketika usianya menginjak 14 tahun, ia sudah diajak ayahnya untuk bekerja sebagai nelayan. Ia menganggap, pekerjaan sebagai nelayan ini merupakan “The most deadly physical work I’ll ever know in my lifetime”. Namun, ia mendapat pelajaran, bahwa beginilah seharusnya menjadi seorang pria. Suatu ketika, ia pernah memenangi sebuah festival musik. Namun, dibatalkan, karena usianya yang masih 18, dan masih dianggap dibawah umur. Tidak mau putus asa, tawaran datang dari Bev Delich, yang menyarankan Michael untuk mengikuti ajang pencarian bakat. Hasilnya, Michael menang, dan Delich pun menjadi manajaer.
Hubungan Buble dengan beberapa orang wanita sering menjadi inspirasi baginya untuk menulis lagu. Lagu Home diciptakan untuk kekasih yang sudah lama menjalin hubungan dengannya, Debbie Timuss ketika Buble sedang berada di Italia. Bahkan, Timuss adalah salah satu dedikasi album Buble, Michael Buble dan It’s Time. Pertunangan mereka yang berakhir pada 2005 menjadi inspirasi untuk lagu Lost.
Pada 2005, dia bertemu dengan aktris Inggris, Emily Blunt dan menjalin hubungan dengannya. Lagu Everything tercipta untuk Blunt, namun sayang pada 2008 mereka berdua memutuskan untuk berpisah. Pada November 2009, Buble bertunangan dengan kekasih barunya Luisana Lopilato di Argentina. Lopilato menjadi inspirasi lagu Haven’t Met You Yet.
Buble memulai karirnya dengan membuat tiga album indie, First Dance, Babalu, dan Dream dan tampil di beberapa acara kecil. Karir Michael sebenarnya serba kebetulan. Saat itu, mantan Perdana Menteri Kanada, Brian Mulroney, menyaksikan penampilan Michael, dan mendapatkan CD albumnya. Terkesan dengannya, diundanglah Michael ke acara pernikahan anak perempuan Mulroney. Karena yang diundang bukan tamu sembarangan, maka hadir pula lah, komposer ternama, David Foster, lalu, mereka berdua dikenalkan.

Ya, komposer sekelas Foster pun masih segan untuk merekrut Michael ke labelnya. Hal ini karena, tidak ada pasar yang jelas untuk jenis musik yang diusung Michael. Bahkan, untuk meyakinkan Foster, Michael sampai harus pindah ke Los Angeles. Foster pun setuju, asal Michael mau menanggung uang sebesar 500ribu dolar untuk album tersebut. Akhirnya Foster setuju, untuk memproduksi album Michael. Disaat itu pula, Bruce Allen menjadi manager Buble. Oya, sekedar informasi, Allen juga merupakan manager Bryan Adams.

Album pertama Buble yang bertajuk Michael Buble dirilis pada 11 Februari 2003. Begitu banyak lagu dari album ini yang meraih kesuksesan di beberapa negara, termasuk Kanada, Inggris, Afrika Selatan, dan Australia. Pada 15 Februari 2005, Buble merilis album keduanya, It’s Time. Album ini meraih kesuksesan yang sama bahkan jauh melampaui kesuksesan album pertama. Beberapa penghargaan juga diterimanya, seperti Juno Awards, nominasi dalam Grammy Award, dan banyak lagi.
Album ketiganya, Call Me Irresponsible dirilis pada 1 Mei 2007. Album ini berada pada posisi puncak hanya 2 minggu setelah rilis, satu hal yang jarang bisa diraih orang-orang selain Michael Jackson. Album keempatnya dirilis pada 13 Oktober 2009 berjudul Crazy Love. Salah satu lagu yang menjadi hit adalah Haven’t Met You Yet.
Buble juga ambil bagian di dalam olimpiade musim dingin di Vancouver. Pada 18 April 2010, Buble membawa pulang 4 Juno Awards untuk Juno Fan Choice Award. Ia memenangkan untuk kategori single of the year, album of the year, pop album of the year dan dua nominasi lainnya. Warner Records telah merilis ulang albumnya pada 25 Oktober 2010 yang diberi nama CRAZY LOVE HOLLYWOOD EDITION. Pada 7 September 2010, Buble merilis lagu terbarunya berjudul Hollywood.
Setelah menyelesaikan Tur yang bertajuk Crazy Lovem pada Agustus 2011, tanggal 9 Agustus dia kembali merilis album bertajukCHRISTMAS pada tanggal 9 Agustus lewat akun facebooknya. Kemudian dia menampilkan cover albumnya pada website dan akan mengumumkan rilis tersebut secara resmi pada 22 Agustus 2011. Dalam album baru ini, Buble juga menggaet penyanyi latin Thalia.

Selama ini sosok Michael Buble mungkin dikenal karena musik mellow yang dibawakannya. Namun siapa sangka bahwa di balik sisi bermusik yang melankolis tersebut Buble menyimpan masa lalu yang kejam dan ganas sebagai seorang bad boy. Seperti dilansir dari Bang Showbiz, pelantun tembang Cry Me A River ini mengaku sempat beberapa kali diusir dari pertandingan basket karena kasus perkelahian. Selain itu, dia juga pernah didepak dari salah satu acara TV karena sikapnya yang tidak menyenangkan dalam acara tersebut.

“Aku berkelahi. Aku diusir dari Vancouver Grizzlies gara-gara berkelahi dengan seorang fans. Dan ketika aku bekerja di sebuah klub kecil di Vancouver, aku juga diusir karena berkelahi dengan orang yang melempar rokok pada bartender,” kenangnya.

“Aku didepak dari serial X FILES juga ketika mereka sedang syuting di Vancouver. Saat itu aku hanya pemain figuran yang diberi jatah makan dengan tidak layak, jadi aku putuskan untuk pesan katering dan beli hotdog atas nama mereka. Tentunya itu makan berbiaya besar,” lanjutnya.

Namun demikian, masa-masa gelap yang dialami oleh Buble tersebut telah berakhir sejak dia menikah dengan Luisana Loreley pada April 2011.

DISKOGRAFI
Album
# 2003: MICHAEL BUBLé
# 2005: IT’S TIME
# 2007: CALL ME IRRESPONSIBLE
# 2009: CRAZY LOVE

# 2011: CHRISTMAS
Lagu ciptaan
* “Dumb ol’ Heart” – Here’s to Life! (soundtrack)
* “I’ve Never Been in Love Before” – Here’s to Life! (soundtrack)
* “Home” – It’s Time
* “Lost” – Call Me Irresponsible
* “Everything” – Call Me Irresponsible
* “Mr. Templeton” – Flu Shot (30 Rock)
* “Haven’t Met You Yet” – Crazy Love
* “Hold On” – Crazy Love
* “Hollywood” – Crazy Love
FILMOGRAFI
* 2000: DUETS
* 2001: TOTALLY BLONDE
* 2003: THE SNOW WALKER
* 2004: LAS VEGAS – CATCH OF THE DAY

Doc. Berbagai Sumber.